Tips Minum Kopi Agar Menghasilkan Rasa Yang Ajibs


Hasil gambar untuk sebutan peracik teh



Mungkin gue bukan seorang pencinta kopi sejati ya... Tapi kopi sangat populer disemua kalangan, gak peduli muda atauapun tua. Coba saja perhatikan di kota tinggalmu, hampir setiap alun-alun dan di desa pasti ada warkop yang menjajakan kopi dan bahkan sudah populer tempat nongkrong yang namanya kafe.

Karena sudah menjadi budaya minum kopi sudah mewabah, aku tulis aja tips-tips minum kopi ala penikmat kopi pinggiran jalan.


minum-kopi
https://juragancipir.com/berapa-banyak-gelas-kopi-yang-dianjurkan-diminum-dalam-satu-hari/
Tips ini gue dapatin bukan dari bertapa di gua ya... melainkan survei langsung ke warkop-warkop dan kafe yang ada di daerah gue tinggal. Dan setiap gue datang di warkop atau kafe, selalu aku memperhatikan orang yang minum kopi.
Mereka seperti menikmati kopi yang uenak dengan cara minum kopi yang sangat sederhana. Padahal hanya minum kopi pinggiran seolah-olah setelah menyeruput kopi tersebut bisa menghilangkan beban jadi herman gue... eh maksud aku heran.

Hasil gambar untuk sebutan peracik teh
https://id.quora.com/Apakah-orang-Indonesia-mempunyai-cara-khusus-untuk-menghidangkan-kopi
Usut punya usut setelah gue introgasi bak seperti seorang intel yang bertanya kepada tahanan, banyak dari mereka mendapat cara meminum kopi dari para pendahulunya.

Ngga heran kan karena sejak jaman dahulu kala negara kita Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia dengan produksi rata-rata sebesar 639 ribu ton per tahun atau sekitar 8 % dari produksi kopi dunia. Kira-kira bener nggak si ?


Ah lupakan saja wkwkwk...

Hasil gambar untuk minum kopi gelas terbalik
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/12/27/kupi-khop-cara-unik-nikmati-kopi

Cara Minum Kopi Ala Gue

Caranya sangat mudah dan perlengkapan yang perlu lo siapin :
  • Gelas dan tutupnya
  • Lepek atau piring kecil alas cangkir
  • Sendok
  • Air panas
  • Kopi
  • Gula

Cara-caranya


Ilustrasi membuat kopi tubruk
Image source: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/22/061500920/bagaimana-menyeduh-kopi-agar-terasa-lebih-enak?page=all

1. Gelas & Tutup

Pilih lah gelas yang terbuat dari bahan kaca, kenapa harus kaca ? karna jika kita menggunakan gelas plastik minuman dengan suhu tinggi yang disimpan dalam kemasan plastik akan melepaskan bisphenol A (BPA) dari plastik tersebut jauh lebih cepat dan lebih banyak daripada bila suhunya normal. BPA merupakan pengacau hormon, terutama bisa mengacaukan hormon estrogen dalam tubuh manusia.

Dan harus ditutup dengan rapat, kenapa harus ditutup rapat? Sebab uap panas dari kopi yang kamu seduh akan sangat memegaruhi rasa.

2. Lepek atau piring kecil alas cangkir

Benda ini sangat berpengaruh untuk menikmati kopi dengan cara ini.

3. Sendok

memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya.

4. Air Panas

Rebu air hingga benar-benar mendidih, kenapa harus mendidih ? karena bisa membuat rasa kopi menjadi lebih pahit. Suhu air yang baik untuk menyeduh kopi adalah 195-205 derajat Fahrenheit atau 90-96 derajat Celcius. .

5. Kopi

Pilih kopi kesukaanmu, kalo gue sih bikinan sendiri hasil dari tanaman kopi tetangga sebelah.

6. Gula

Gula juga sangat memengaruhi rasa pas atau tidaknya kopi , kalo gue perbandingannya (jika kopi 1 sendok makan maka gula 1½ sendok makan). Tergantung selera aja sih.

Terkadang ada sebagian orang yang tidak mau manis entah karena tidak suka atau emang lebih menghindari gula hehe. Yang penting jaga kesehatan, kesehatanmu lo guys hehe.

Langkah-langkah minum kopi ala gue

Posisi gelas normal, lalu letakkan lepek diatas dalam keadaan telungkup menutup gelas lalu angkat dan balikkan gelas, maka posisi gelaslah yang telungkup dengan air di dalamnya. Jika mulut gelas diangkat sedikit maka udara akan masuk seiring dengan keluarnya air kopi tumpah ke lepek. Ingat, hati-hati agar air tidak tertumpah sekaligus. Bukannya minum malah ambyar. Kira-kira begini

Lalu bisa diminum langsung dengan menyeruput dibagian bibir lepek

Dengan posisi demikian, maka kopi yang ada di dalam gelas tidak menguap maka dimungkinkan citarasa kopi dalam gelas tetap terjaga selam belum dikeluarkan dari gelasnya.

Namun bagi para pecinta dan penikmat kopi ada yang berpendapat bahwa kopi bisa basi atau ngabar ketika tidak segera diminum sesaat setelah disajikan. Artinya kopi harus diminum ketika masih dalam keadaan panas.

Ini hanya salah satu dari sekian banyak cara menikmati kopi,  masih banyak sekali cara yang lain tergantung di mana tempat menikmatinya, dan siapa yang menikmatinya.

Selamat mencoba guys, demikian ulasan mengenai trik minum kopi. Semoga bermanfaat, terimakasih. #salamliterasi #minumkopi #budaykanmembaca

Komentar