"Sumber Salak" Si Cantik Yang Tersembunyi Di Ujung Timur Pulau Jawa


Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah 56300314_2411170542250586_7605740976943840858_n.jpg
https://www.instagram.com/p/BwCLoxcglMe/?utm_source=ig_web_copy_link
"Wisata Sumber Salak" sudahkah kalian tau tentang wisata yang satu ini ?? katanya sih... Wisata ini sangat recommended & instagramable untuk dikunjungi. Oke langsung aja kali ini aku akan mengulas atau menulis tentang Wisata Sumber Salak yang ada di Banyuwangi.


Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung timur pulau jawa, di kawan tapal kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, selat Bali di timur, samudera Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten bondowoso di barat.

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2).

Jadi tak heran jika sangat banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di Banyuwangi.



Julukan

Kabupaten Banyuwangi menyandang beberapa julukan, di antaranya:
  • The Sunrise of Java
Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa.
  • Bumi Blambangan
Sejarah berdirinya Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Blambangan, karena Blambangan merupakan cikal bakal dari Banyuwangi. Blambangan adalah kerajaan yang semasa dengan kerajaan Majapahit bahkan dua abad lebih panjang umurnya. Blambangan adalah kerajaan yang paling gigih bertahan terhadap serangan Mataram dan VOC serta Blambanganlah kerajaan yang paling akhir ditaklukkan penjajah Belanda di pulau Jawa.
  • Kota Osing
Salah satu keunikan Banyuwangi adalah penduduk yang multikultur, dibentuk oleh 3 elemen masyarakat yaitu Jawa Mataraman, Madura, dan Osing. Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi. Sebagai keturunan kerajaan Blambangan, suku osing mempunyai adat-istiadat, budaya maupun bahasa yang berbeda dari masyarakat jawa dan madura.
  • Kota Santet
Julukan Banyuwangi kota santet terkenal sejak peristiwa memilukan ketika 100 orang lebih dibunuh secara misterius karena dituduh memiliki ilmu santet. Peristiwa ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai " Tragedi Santet" Tahun 1998.
  • Kota Gandrung
Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Tari Gandrung yang menjadi maskot kabupaten ini.
  • 'Kota Banteng
Kabupaten Banyuwangi dijuluki kota banteng dikarenakan di Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak banteng jawa.
  • Kota Pisang
Sejak dahulu Kabupaten Banyuwangi sangat dikenal sebagai penghasil pisang terbesar, bahkan tiap dipekarangan rumah warga selalu terdapat pohon pisang.
  • Kota Festival
Berawal dari sukses penyelenggaraan kegiatan budaya Banyuwangi Ethno Carnival pertama pada tahun 2011 lalu, maka pada tahun-tahun berikutnya seakan tak terbendung lagi semangat dan kegairahan masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya daerah melalui rangkaian kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival.

Maka sejak 2012 acara Banyuwangi Ethno Carnival ditahbiskan menjadi agenda tahunan berbarengan dengan kegiatan lain, baik yang bersifat seni, budaya, fesyen, dan wisata olahraga.


https://www.instagram.com/p/BAPTdLLD2ND/

Wisata Sumber Salak Banyuwangi

Beberapa hari ini sejumlah wilayah di Indonesia mengalami suhu panas ekstrem. Berdasarkan laporan beberapa stasiun pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara di Indonesia bisa mencapai 37 derajat Celcius.

Membuat kita ingin selalu ke tempat yang sejuk dan tenang. Wisata sumber salak ini sangat sejuk dan tenang karena wisata ini banyak sekali pepohonan.

Wisata sumber salak berlokasi di Desa Kajarharjo, Jatinoro, Kalibaru, Dusun Karanganyar, Kajarharjo, Kec. Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68467.

jika kalian lewat dari Jember, langsung saja menuju SBPU Krikilan, atau SPBU yang berdekatan dengan rumah sakit Glenmore. disamping SBPU tersebut terdapat sebuah jalan yang ada gapuranya dan juga terdapat arah petunjuk menuju rumah sakit.

Silahkan mengikuti arah tersebut, kira kira berjarak sekitar 2 km, kalian akan ditemukan dengan sebuah pertigaan, lurus saja mengikuti jalan yang terdapat gapuranya, langsung saja lurus terus melewati persawahan yang sepi.

Nah, setelah itu, ada perempatan, kalian belok ke kanan, disana terdapat rumah penduduk. kalian kan seorang travelling nih, jadi gak boleh takut untuk bertanya, kan katanya malu bertanya sesat di jalan hehe.

Ketika sudah sampai di perempatan, kalian tanya saja kepada penduduk yaaaaa. karena memang tempat ini tidak ada sama sekali arah petunjuknya.




Waduk Jatirono Kalibaru
https://graybackpack.wordpress.com/2016/03/23/waduk-jatirono-kalibaru-banyuwangi-oase-di-tengah-kepenatan/


Waduk Jatirono Kalibaru Banyuwangi
https://graybackpack.wordpress.com/2016/03/23/waduk-jatirono-kalibaru-banyuwangi-oase-di-tengah-kepenatan/

Harga Tiket Sumber Salak

Untuk harga tiket masuk dan parkir ke wisata sumber salak ini sangat murah meriah dan pas dikantong, sahabat cukup bayar 5000 rupiah saja.

Sangat murah bukan? hanya dengan 5000 rupiah sahabat sudah bisa menikmati keindahan alam wisata sumber salak ini. Suasana pedesaan yang tenang serta perpaduan warna hijau dan biru cocok untuk terapi mata yang setiap hari berada di depan komputer wkwkw..

Wisata ini sangat bisa bikin badan dan otak fresh, karena perpaduan pepohonan yang rindang dan air yang jernih serta suasana alam yang masih asri.

Gue saranin buat yang lagi suntuk ngerjain tugas kuliah atau ingin menghilangkan penat bisa coba datang ke wista sumber salak ini dijamin bisa ngelupain kenangan mantan...

Eh salah maksudnya gue bisa lupain tentang tugas kuliah meskipun sementara hehe... Pokonya tempat ini sangat recommended untuk kamu kunjungi.



Waduk Jatirono Kalibaru Banyuwangi
https://graybackpack.wordpress.com/2016/03/23/waduk-jatirono-kalibaru-banyuwangi-oase-di-tengah-kepenatan/
Jadikan Indonesia Kiblat Pariwisata Dunia CINTAILAH PESONA ALAM MU ! STOP VANDALISM/MERUSAK, CORAT-CORET DAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!
KKFAISAL
Gimana tertarik untuk mengunjungi ??? jangan lupa ajak pacarmu,gebetanmu,kakekmu,nenekmu,ibumu,mertuamu,bapakmu,bapak gebetanmu atau ajak mantan-mantanmu kesana biar seru wkwkwk..

Demikian ulasan mengenai wisata sumber salak , jika ada kesalahan dan kekurangan mohon maaf, semoga bermanfaat bagi kita semua. Tetap budayakan membaca, sekian dan terimakasih. #Salamliterasi #salamlestari #budayakanmembaca



Komentar

Posting Komentar